Untuk membangun gereja yang kokoh di masa depan, maka salah satu pelayanan yang dilaksanakan oleh gereja ialah dengan membuka kelas Katekisasi Sidi bagi pemuda/i dan remaja. Hal ini dimaksud agar mereka yang sudah belajar Katekisasi Sidi semakin mengerti dan memahami keberadaan serta peran mereka sebagai anak-anak Tuhan di gereja maupun di dunia ini. GKPI Jemaat Khusus Sei Semayang sebagai gereja yang turut merespon tanggung jawabnya mempersiapkan gereja yang kokoh telah melaksanakan pembelajaran Katekisasi Sidi untuk Tahun ajaran 2023/2024. Kelas Katekisasi ini dibimbing oleh Pdt. N. Ch. H. Manalu, S.Th (Pendeta Resort GKPI Jemaat Khusus Sei Semayang) dan Angeline Situmorang, S.Th dengan jumlah murid sebanyak 42 orang.
 
Proses perjalanan kegiatan belajar mengajar telah berjalan selama 1 tahun dan akan segera selesai pada bulan Juli 2024 ini. Setelah melakukan serangkaian ujian tulisan dan lisan, maka dilaksanakanlah retreat sebagai bagian dari persiapan anak-anak Katekisasi Sidi untuk mengikrarkan iman (peneguhan Sidi) pada hari Minggu 07 Juli 2024. Retreat anak Katekisasi Sidi GKPI Jemaat Khusus Sei Semayang ini dilaksanakan pada hari Minggu-Senin, 30 Juni – 01 Juli 2024 bertempat di Sopo Agape GKPI Tomok, Samosir, negeri kepingan surga. Kegiatan retreat ini dipimpin langsung oleh Pdt. N. Ch. H. Manalu, S.Th, dibantu oleh magang dan panitia yang sudah dibentuk untuk retreat ini, didampingi oleh Pnt. A. Purba (Bendahara Jemaat) serta beberapa orangtua yang bertugas untuk pengamanan dan mempersiapkan konsumsi selama kegiatan di Sopo Agape. Retreat ini mengambil Tema “Berjalan Bersama Yesus” yang disarikan dari Ibrani 12:1-3.
 
Keseruan kegiatan retreat ini dimulai sejak keberangkatan dari kompleks gereja GKPI Sei Semayang. Setelah seluruh peserta retreat selesai mengikuti ibadah Minggu pagi pukul 08.00-09.30 WIB di gereja kemudian mereka bergegas memasukkan semua perbekalan yang sudah mereka siapkan sebelumnya dari rumah masing-masing ke bus yang sudah menunggu. Terlihat antusias mereka semua dengan berebutnya memasuki bus. Akhirnya bus berangkat pada pukul 10.15 setelah doa pemberangkatan dari salah satu Penatua. Dalam perjalanan, beberapa dari anak-anak Katekisasi Sidi secara bergantian memperlihatkan kebolehannya dalam bernyanyi karena di dalam bus disediakan sarana Karaoke. Sungguh perjalanan yang menyenangkan bagi mereka dan para pendamping atau orangtua juga menikmati keseruan itu. Setelah melewati perjalanan yang cukup lama, maka rombongan tiba di Sopo Agape pada pukul 18.00 WIB. Sesampainya di lokasi, maka para peserta retreat sesuai dengan pangaturan dari panitia memasuki ruangan penginapannya masing-masing untuk persiapan acara ibadah pembukaan retreat.
 
Acara ibadah pembukaan retreat pun ini dimulai pukul 20.00 WIB di ruang makan setelah semuanya selesai makan malam. Setelah Ibadah pembukaan selesai, seluruh peserta berbegas keluar menuju ke lapangan dan di sana telah tersedia api unggun yang sudah menyala. Dengan membentuk lingkaran mengitari api unggun maka dilaksanakanlah acara meditasi. Dalam meditasi ini, anak-anak Katekisasi Sidi mengambil waktu untuk merenungkan kehidupan mereka selama ini, bagaimana sikap, tutur kata, tindakan mereka selama ini terhadap Tuhan, orangtua, terhadap saudaranya dan siapapun yang mereka kenal. Mereka kemudian menuliskannya dalam secarik kertas. Sambil merenung dan berdoa di dalam hati masing-masing, diiringiri musik dengan lembut. Kemudian satu persatu dari mereka mendekati api unggun untuk membuang kertas yang berisikan dosa-dosa tepat ke api. Maka terbakarlah api itu pertanda mereka meninggalkan dosa-dosa itu dan berjanji untuk tidak melakukannya lagi. Dari meditasi ini, terlihat hampir semua dari mereka menangis bahkan sampai sesenggukan. Setelah acara selesai semua peserta kembali ke kamar untuk beristirahat.
Keesokan harinya, murid Katekisasi melaksanakan senam pagi di pukul 06.00 WIB. Kegiatan dilanjutkan dengan ibadah pendalaman tema “Berjalan Bersama Yesus”. Ibadah pendalaman tema ini berjalan dengan baik dan semua peserta mengikuti dengan tekun.

Setelah ibadah pendalaman Tema, acara dilanjutkan dengan kegiatan permainan (games). Kegiatan ini sangat seru karena perlombaannya terdiri dari: tebak judul lagu Buku Ende, Kidung Jemaat atau Pelengkap Kidung Jemaat, tebak isi firman Tuhan, lomba pecah balon, lomba make up dengan mata tertutup. Semua tertawa riang gembira. Lalu setelah kegiatan games selesai, para peserta berkumpul kembali ke ruang makan untuk pengumuman juara dan diakhiri dengan pengambilan ayat Sidi oleh setiap peserta.

 Kemudian rombongan murid katekisasi meninggalkan Sopo Agave Tomok menuju ke Pantai Pasir Putih Parbaba untuk menikmati acara bebas. Setelah puas dengan berbagai kegiatan acara bebas, rombongan pun kembali pulang ke Sei Semayang. Terpujilah Tuhan atas segala kebaikanNya yang mengijinkan anak-anakNya melakukan kegiatan selama dua hari di Samosir. Semua peserta bersukacita dan bersiap mengikrarkan imannya pada hari Minggu, 07 Juli 2024.  
Angeline Situmorang, S.Th  (GKPI JK Sei Semayang)
                                                           

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *