Minggu, 08 Mei 2022 menjadi hari bersejarah yang memberikan sukacita bagi seluruh jemaat GKPI Jemaat Khusus Ketahun dimana pada hari itu GKPI (persiapan) jemaat khusus Ketahun diresmikan menjadi GKPI Jemaat Khusus Ketahun. Setelah sekian lama, GKPI jemaat Khusus Ketahun berbenah dan mempersiapkan diri, dimana pada Minggu 05 Mei 2015 adalah peresmian  GKPI Jemaat Ketahun  yang tergabung dengan GKPI Bengkulu Kota, dan pada tanggal 07 Juni 2013 berdasarkan Surat Keputusan No:590/P7/VI/201, tentang pembentukan Resort Khusus ( Persiapan) GKPI Ketahun dan setelah kurang lebih delapan tahun  GKPI (per) jemaat Khusus Ketahun diresmikan menjadi GKPI Jemaat Khusus Ketahun yang diresmikan oleh Pimpinan Sinode yang dilayani oleh bapak Sekjen Pdt.Humala Lumban Tobing MTh.

Ibadah peresmian ini juga dihadiri oleh Korwil Wilayah VIII (Sumbagsel) yaitu Pdt.Gibson Sibuea, S.Th, dan beberapa  pendeta yang ada di Wilayah VIII (Sumbagsel). Acara ibadah peresmian ini diawali dengan berdoa bersama dengan para pendeta dan para penetua di rumah Pnt.S.Panjaitan dan setelah itu barisan prosesi berangkat menuju lokasi Gereja. Yang melayani sebagai liturgis oleh Pdt. Samuel.R.P. Aritonang, S.Si ( Pendeta yang melayani di GKPI Bengkulu kota), Pdt.Obed Edom Situmorang, S.Th (Pendeta yang melayani di GKPI Jemaat Khusus Ketahun), Pdt. Chandra.T Sirait, S.Th (Pendeta yang melayani di GKPI Jemaat Khusus Kota Baru Jambi). Setelah pembacaan berita jemaat, diadakan acara peresmian yang meliputi,  Pembacaan SK GKPI Jemaat Khusus Ketahun dan Pembacaan SK Majelis yang dibacakan oleh Korwil Wilayah VIII, dilanjutkan acara pelantikan majelis oleh bapak Sekjen GKPI, dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti oleh bapak Sekjen GKPI dan Pendeta Jemaat Khusus Ketahun, dan pembukaan selubung plangkat oleh bapak Sekjen GKPI . Selain dari persembahan pujian dari kor ina dan Remaja GKPI Ketahun, turut juga dalam ibadah ini undangan dari gereja tetangga mengumandangkan lagu pujian seperti Koor dari  Pos Parmingguon 9 karet HKBP Pamor Ganda dan Pos Pelayanan HKPB Agrecinal.

Dalam ibadah peresmian ini bapak Sekjen menyampaikan kotbah yang diambil dari Kisah Para Rasul 9: 36 – 43 dengan Thema Kuasa Tuhan Yang Membangkitkan. Nast itu menceritakan tentang Tabita seorang perempuan yang banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah, yang pada waktu itu sakit lalu meninggal. Tetapi dengan kuasa Tuhan dibangkitkan melalui Petrus. Dalam kotbahnya bapak Sekjen menyampaikan agar jemaat hidup mengandalkan kuasa Tuhan jangan mengandalkan pikiran dan kemampuan. Dan juga mendorong jemaat untuk ambil bagian dalam melakukan perbuatan baik dan juga ambil bagian dalam pelayanan Gereja lewat apa yang sudah Tuhan berikan dalam kehidupan kita. Sebagai mana perayaan pada hari itu pesta peresmian Jemaat Khusus Ketahun dimana ada status yang lebih tinggi dari persiapan menjadi resmi menjadi GKPI Jemaat Khusus, jemaat juga harus meningkatkan kualitas hubungan dengan Tuhan, menghidupi kehidupan kualitas bintang lima.

Dalam rangka mensukseskan dan memeriahkan acara ini, panitia pesta peresmian mengundang Gereja-gereja tetangga di sekitar dan juga dari pemerintahan dihadiri oleh Bapak Bupati Bengkulu Utara bapak Ir.H.Mian, dan Ketua DPRD Bengkulu Utara ibu Sonti Bakara, SH. Selesai Acara ibadah dilanjutkan dengan kata sambutan, dan makan bersama. Dalam acara ini juga diadakan penggalangan dana melalui tortor dari anak sekolah minggu dan juga remaja, dan juga lelang, dan pemberian ulos kepada jemaat dan para undangan yang sudah memberikan partisipasi berupa dana. Dan dalam memeriahkan acara pesta peresmian ini bapak sekjen menyumbangkan beberapa lagu dan juga mengajak para pendeta untuk bernyanyi bersama.

Acara pesta peresmian ini dimulai dan berakhir dalam sukacita, harapan GKPI Jemaat Khusus Ketahun semakin berbuah banyak baik itu di dalam maupun keluar  terkhusus dalam  pelayanan pos binaan. Dan berharap GKPI Jemaat Khusus Ketahun semakin maju, semakin dewasa dalam menghidupi dan juga memberitakan Injil.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *