Ibadah Misi Pokja Pi Gkpi Wilayah Xi Tahun 2022

Bekasi, 07 Mei 2022

(Tema : “Aku Kristen, Apakah Aku Sudah Diselamatkan?”)

Pendahuluan

Pokja PI GKPI Wilayah XI terbentuk bedasarkan SK Nomor : 986/P.13/X/2021 dan dilantik pada Hari Miggu, 24 Oktober 2021 di Jemaat GKPI Menteng Oleh Bapak Korwil XI, Pdt, Hasintongan Gurning, S.Th., M.Min.

Sebagai Pengurus Pokja PI GKPI Wilayah XI yang baru terbentuk belum bisa berbuat apa-apa, baru setelah ada Pembinaan dari PS yang diwakili Oleh Sekjend Bapak Pdt. Humala Lumbantobing, M.Th. dan Kadep Apostolat Ibu Pdt. Maria Lisnawati Simatupang, M,Th. tidak lama berselang Pengurus Pokja PI Wilayah XI melalui perjuangan yang tidak begitu mudah, akhirnya dapat menetapkan Program Kerja dan Anggaran Tahun 2022.

Ibadah Misi (Kebangunan Rohani) yang dilaksanakan pada Hari Sabtu, 07 Mei 2022 di Wilayah Bekasi Raya dan Cikarang dan yang menjadi Tuan Rumah adalah Jemaat GKPI Bekasi – Resort Bekasi, merupakan Program Kerja yang pertama dilakukan, dari yang direncanakan akan mengadakan Ibadah Misi 4 (empat) kali di Wilayah XI pada Tahun 2022.

Dengan persiapan apa adanya yang hanya dalam kurun waktu 2 (dua) bulan tanpa membentuk Panitia Pelaksana, Puji Tuhan IBADAH MISI Pokja PI Wilayah XI Tahun 2022 akhirnya dapat juga terlaksana.

Adapun Tujuan IBADAH MISI (KEBANGUNAN ROHANI) Pokja PI Wilayah XI Tahun 2022 dilaksanakan adalah :

  1. Memperkenalkan Pokja PI GKPI Wil. XI yang baru dibentuk, menjelaskan Visi, Misi dan Program Pokja PI Wilayah XI kepada Jemaat-Jemaat di seluruh Wilayah XI.
  • Bertujuan memberi penyegaran sekaligus mengingatkan Jemaat di Wilayah XI agar merespon Amamat Agung Tuhan Yesus yang dilakukan melalui Altar Call dalam Ibadah Misi, berkonsep Kontekstual (Liturgie Ibadah yang dimodifikasi, dengan tetap mempertahankan bagian tertentu dari Liturgie GKPI).
  • Selain memberi penyegaran dan mengingatkan, juga berupaya untuk mengajak Jemaat melaksanakan tugas penginjilan baik sebagai pribadi, maupun Gereja dengan memberi kesempatan ikut dalam pelayanan PI Pokja PI Wilayah XI, melalui isian formulir komitmen yang dibagikan oleh Tim Pokja dalam Ibadah Misi.

Pada kesempatan ini kami dari Pengurus Pokja PI GKPI Wilayah XI mengucapkan terimakasih kepada : Yayasan Jangkar Kehidupan, dimana melalui Bapak Pdt. WGP Tobing, memberikan Buku Rohani untuk semua Pelayan Penatua dan Calon Penatua yang ada di Bekasi Raya dan Cikarang. Biarlah Kerjasama yang baik ini bisa terus berlangsung, sehingga semua Pelayan Penatua di Wilayah XI nantinya bisa juga menerima Buku Rohani yang sama.

Penyerahan Buku Secara Simbolik oleh Perwakilan dari Yayasan Jangkar Kehidupan dan Oleh Bapak Pdt. WGP Tobing kepada Guru Jemaat GKPI Bekasi, Bpk. Pnt. Dr.Sahat Sinaga.

Acara Ibadah Misi.

Ibadah Misi Pokja PI Tahun 2022, dimulai Pukul 17:00 Wib – 19:30 Wib. Diawali dengan Kata Sambutan dari Bishop Bapak Pdt. Abdul Hutauruk, M.Th. melalui Video Zoom yang dalam Kata sambutannya menyampaikan : GKPI saatnya membayar Hutang Penginjilan, bukan hanya dilakukan hanya oleh Pendeta di setiap Jemaat, tetapi Bersama-sama dengan seluruh Anggota Jemaat. Ibarat berada di satu Perahu Pendeta dan Anggota Jemaat Bersama-sama mendayung supaya jalannya untuk mencapai tujuan bisa lebih cepat. GKPI ke depan menjadi Gereja yang Missioner, Visioner untuk memberitakan Injil Keselamatan Oleh Yesus Kristus yang adalah Tuhan dan Juruselamat yang Hidup.

Adapun Tema Ibadah Misi Pokja PI Wilayah XI : “Aku Kristen, apakah Aku sudah diselamatkan?.” Sejak disosialisasikannya Tema ini, sudah menjadi perbincangan dikalangan Anggota Jemaat, ada muncul perbincangan yang setuju dan yang tidak setuju dengan Tema tersebut. Kami dari pengurus Pokja selalu menjawab pertanyaan yang disampaikan dengan jawaban yang normatif, mari kita Ikuti Ibadah Misi tersebut, disanalah kita akan mendapat jawabannya.

Semua pertanyaan mengenai Tema : “Aku Kristen, apakah Aku sudah diselamatkan?” seakan terjawab setelah Bapak Pdt. WGP Lumbantobing menjelaskan dalam Kotbahnya tentang keselamatan itu sendiri. Lebih jauh Bapak Pdt. WGP Lumbantobing, mengambil Firman Tuhan dari Roma 10:9. Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Dengan penjelasan dari awal jatuhnya Manusia ke dalam dosa sampai Yesus datang sebagai juruselamat, semakin membuka pemahaman tentang Keselamatan itu sendiri yang tidak semudah apa yang kita pikirkan.

Intinya bagi orang yang telah menjawab sudah “diselamatkan” setelah diingatkan oleh Firman Tuhan dan penjelasan dari Kotbah tersebut, bisa menyadari bahwa Keselamatan itu bukan semudah yang dapat dipikirkan karena harus benar-benar hidup seturut dengan Firman Tuhan dari Roma 10:9 dan penjelasan yang disampaikan. Dan bagi orang yang memang masih ragu akan Keselamatan tersebut bisa mulai memahami bagaimana seharusnya seorang Kristen agar menerima keselamatan itu.

Diakhir Kotbahnya Pdt. WGP Lumbantobing mengajak dari peserta Ibadah yang masih mengalami Pergumulan Hidup Rohaninya untuk datang ke depan mengutarakan apa Pergumulan yang dialami yang biasa disebut “Altar Call” para Hamba Tuhan telah siap untuk mendengar dan mendoakan akan pergumulan yang dialami, sehingga semua peserta Ibadah Misi dapat pulang dengan sukacita.

Dengan lagu-lagu Rohani yang telah dipilih untuk Ibadah Misi dan Pelayan Ibadah yang dengan sepenuh hati untuk melayani, tentunya dengan Pertolongan Kuasa Roh Kudus Ibadah Misi Pokja PI Wilayah XI dapat berlangsung dengan baik.

Para Pelayan Ibadah Misi Pokja PI GKPI Wilayah XI Tahun 2022 Harapan Ke Depan

Ibadah Misi (Kebangunan Rohani) dirasa perlu dikembangkan ke depan, sebagai dinamika Pelayanan untuk Pertumbuhan Kehidupan Rohani dari setiap anggota Jemaat. Adalah suatu bukti dengan hadirnya beberapa orang dari peserta Ibadah Misi ke depan untuk mengutarakan Pergumulan Hidupnya dan minta didoakan, berarti pelayanan yang sifatnya Seremonial dalam Ibadah Mnggu belum cukup, perlu ditumbuh kembangkan untuk pelayanan Pastoral yang dimungkinkan bisa pertemuan antara Pribadi-pribadi dengan para HambaNya.

Adanya Kerjasama antara Pokja-Pokja PI dengan Seksi Penginjilan di setiap Jemaat untuk melakukan suatu Pelatihan ‘Pemuridan’ khusunya kepada kaum Muda di setiap Jemaat yang khas GKPI, sehingga mereka kuat dalam Iman Percayanya dan terbentengi akan pengaruh Denominasi Gereja yang lain.

Diharapkan juga Pokja PI GKPI disetiap Wilayah dapat terbentuk dan semua Pengurus yang terlibat diberi Latihan dan Pembinaan yang sama walaupun untuk beberapa Wilayah dimungkinkan Pembinaan khusus sesuai dengan kondisi masyarakat dan budaya yang berbeda. Dengan demikian diharapkan ke depan Anggota Jemaat GKPI bukan dimonopoli satu suku, namun juga suku-suku yang lain yang ada di Indonesia. Sehingga Nama GEREJA KRISTEN PROTESTAN INDONESIA (GKPI) bisa menjadi tempat untuk beribadah memuji dan memuliakan Nama Tuhan bagi suku-suku yang lain.

Keceriaan dari PS Gabungan Seksi Perempuan GKPI Bekasi yang juga mengisi Acara Ibadah MisI Pokja PI GKPI Wilayah XI

Penutup.

Bila semua setuju bahwa PI adalah Missio Dei yang menjadi tugas dari semua orang Percaya, GKPI hendaknya memberi perhatian untuk PI dalam hal Program dan Anggaran ke depan. Memberi perhatian akan keberadaan para Evangelis dengan menjabarkan tugas dan pelayanan yang menjadi bagian dari Pelayan GKPI lainnya.

Di harapkan dengan perkembangan Pelayanan akan PI, GKPI bisa semakin bertumbuh dan menjadi GEREJA yang Missioner.

Terpujilah Nama Tuhan Yesus Raja Gereja, Damai Sejahtera bagi semua anggota Jemaat GKPI dimanapun berada khususnya Wilayah XI.

Bks…./05/2022 (pengurus pokja pi wilayah XI)


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *