BKS GSM Sinode Sukses Gelar Workshop

Foto Bersama Seluruh Panitia dan Pembicara Pembinaan dan pelatihan Guru Sekolah Minggu

Se-Indonesia tahun 2022

Selama dua edisi yaitu Pebruari dan Maret Suara GKPI memberitakan rencana BKS Guru  Sekolah Minggu tingkat Sinode untuk menyelenggarakan Pembinaan dan pelatihan GSM GKPI se-Indonesia. Puji Tuhan apa yang dipersiapkan dan direncanakan itu dapat berjalan dengan baik dan sukses. Menurut laporan dari Panitia bahwa jumlah Peserta pada kegiatan Webinar Online tanggal 26 Feb 2022 telah diikuti lebih dari 400 orang di ruang zoom serta disaksikan ratusan orang melalui YouTube live streaming. Pada kegiatan Workshop secara Onsite tangal 3 Maret di Hotel Saka Medan, dihadiri oleh 158 peserta ditambah 40 orang panitia dan tim multi media, total 198 orang. Kegiatan workshop ini juga dilakukan secara hybrid yang diikuti lebih kurang 80 orang di ruang zoom dan disaksikan ratusan orang di YouTube live streaming. Dan pada kegiatan Diskusi Online tanggal 5 Maret, dihadiri oleh lebih dari 300 orang. Seluruh rangkaian kegiatan ini dapat diksaksikan melalui kanal akun youtube yang menanyangkan acara pembukaan. Pembukaan ini secara langsung di hadiri langsung oleh Bapak Bishop GKPI dan Kepala Departemen Pastrorat melalui link https://www.youtube.com/watch?v=YNgwzY6Uq5U. Pada worshop yang dilaksanakan secara online dan onsite melalui kanal akun youtube dengan link https://www.youtube.com/watch?v=HZezQs3AZmY dan akun Facebook Suara GKPI dengan link https://www.facebook.com/100067832552901/videos/491966525864601/ dan link FGD pada tanggal 6 Februari dengan link https://www.youtube.com/watch?v=SvB1Pi7nirg.

Suasana Pembinaan dan Pelatihan GSM di Kelas Lukas

Pembinaan ini membahas tiga topic yang disajikan, dilatih dan dipraktekkan dalam workshop oleh para narasumber. Peserta online dibagi dalam kelompok breakout room maupun dalam diskusi pleno yang dipandu oleh seorang moderator. Pada pertemuan tanggal 5 Maret, seluruh peserta telah dibagi dalam 30 kelompok breakout room. Ketiga topik yang telah digumuli pada pertemuan webinar dan pada pertemuan workshop. Doktrin Kepastian Keselamatan serta Prinsip-Prinsip Dasar Iman Kristen (Ibu Yosephien Simatauw), Mempersiapkan Kurikulum, Silabus dan Manajemen Pengajaran SM sesuai tahap perkembangan anak (Ibu Susi Rio Panjaitan ) dan Menjadi GSM Handal di Era Digital (Bapak Purnawan Kristanto adalah topik topik yang diajarkan dan dilatih ketiga narasumber serta didiskusikan para peserta di setiap 10 kelompok breakout room dengan arahan pertanyaan umum dan pertanyaan khusus.

Para Peserta sedang mengikuti Pelatihan dengan antusias guna meningkatkan kapsitasnya dalam mengajar Sekolah Minggu

Hasil diskusi dari breakout room dan rumusan dari diskusi Pleno diharapkan menjadi bahan acuan bagi Pengurus BKS GSM Sinode dan Panitia guna menyusun Panduan Penyelenggaran Pembinaan dan Pelatihan GSM GKPI. Juga diharapkan menjadi rancangan Program Pelayanan dan Kegiatan BKS GSM Sinode, Wilayah dan Resort pada tahun pelayanan pastoral di 202. Pengurus BKS GSM Sinode mengharapkan rangkaian kegiatan pembinaan dan pelatihan menumbuhkan semangat baru, komitmen baru, serta pola pikir yang baru kepada seluruh Peserta untuk menjadi GSM yang tangguh dan tidak mudah menyerah. Partisipasi para peserta tampak dalam semangat dan antusiasme yang mereka perlihatkan selama Pembinaan dan Pelatihan. Hal ini kiranhya tidak hanya berhenti sampai disini saja, tetapi tetap dapat ditindak-lanjuti dengan pembinaan dan pelatihan yang berkesinambungan di tingkat Wilayah, Resort dan Jemaat, yang diinisiasi atau digagas oleh Ketua Ketua BKS GSM Wilayah dan Para Kordinator Seksi Sekolah Minggu Resort dan Jemaat.

Foto Peserta Pelatihan dan Pembinaan GSM yang mengikuti melalui Zoom (online)

Dalam kata sambutannya ketua BKS GSM Dra. Tetti Aritonang menyerukan “AYO Menjadi Gsm Yang Tangguh” Tetaplah Semangat Dan Pantang Menyerah sekalipun ada banyak tantangan dan kesulitan. Maju Terus dan tunjukkan ketangguhan kakak/abang GSM. GSM diberikan hak istimewa. APA ITU? ditangan GSM ada peluang untuk membentuk generasi masa depan gereja yang cerdas, beriman teguh, yang kelak akan menjadi pemimpin gereja yang tangguh dan yang senantiasa mengandalkan Tuhan. Apabila GSM menyadari dan menghargai hak istimewa yang mereka miliki ini, segala jerih lelah GSM akan tergantikan dengan sukacita karena GSM dapat menjadi berkat bagi anak anak SM kita.

Ketua Panitia Pnt. Saut Pasaribu dan Sekretaris Panitia Imelda Sihotang turut menyampaikan terimakasih kepada- Kepada Bishop GKPI dan Kadep Pastorat GKPI yang telah hadir memberikan kata sambutan serta membuka secara resmi kegiatan Pembinaan dan Pelatihan ini. Kepada Para Korwil, Para Pendeta Resort dan PHJ GKPI di seluruh Indonesia yang telah mengutus peserta serta mendukung dan mendoakan kegiatan pembinaan dan pelatihan ini. Kepada LWF (the Lutheran World Federation) yang telah mensupport secara finansial dan yang juga telah hadir memberikan kata sambutan baik di webinar maupun di workshop. Kepada Para Narasumber yang telah melayani dengan tulus dan sangat bersemangat didalam mentransformasikan pengetahuan dan pengalaman mereka kepada seluruh peserta. Kepada seluruh panitia (baik yang di Medan, di Jakarta dan di Siantar) yang luar biasa yang telah memperlihatkan keseriusan, komitmen, kerja keras serta loyalitas mereka demi terselenggaranya dengan baik kegiatan pembinaan dan pelatihan ini. Panitia yang bekerja dalam persiapan secara intens melalui pertemuan zoom dan hanya beberapa kali saja terjadi pertemuan secara tatap muka, seluruh panitia ini telah bekerja profesional. Tak lupa, tentunya sangat berterima kasih dengan kehadiran dan dukungan dari Kepala Biro Infokom GKPI, Vendor Multi Media Sere Image serta Tim Pemusik yang telah membuat keseluruhan acara Pembinaan dan Pelatihan ini memiliki image yang sangat baik.

Apresiasi yang luar biasa kepada seluruh peserta yang telah memberikan hati, dana, waktu dan tenaga bahkan yang rela berangkat subuh dari tempat yang jauh untuk bisa mengikuti workshop di Hotel Saka Medan. Tuhan Yesus memberkati kakak/abang GSM semuanya, diberikan kesehatan, hikmat dan kesabaran di dalam melaksanakan pelayanan serta selalu menjadi berkat di tengah tengah keluarga, gereja dan masyarakat.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *